Jumat, 15 Maret 2013

Pohon-Pohon Yang Paling Cetar Membahana Sedunia

         
          Teman-teman, ternyata gak hanya Syahrini aja yang bergaya cetar membahana,  pohon-pohon juga ada loh yang cetar membahana,,, pohon apa aja itu...? Check it out . .

1. Pohon Baobab

          
Pohon ini adalah pohon yang paling sering muncul dalam cerita-cerita dongeng atau di film-film fantasi  seperti di Harry Potter yang merupakan pohon terbesar di dunia. Beberapa spesies baobab berbentuk seperti botol, makanya baobab sering juga disebut pohon botol. Pas sekali dengan kekuatannya untuk menyimpan air. Pohon ini mampu menampung air hingga 120.000 liter. Kalau akar atau batangnya dipotong, air yang tersimpan di dalamnya bisa muncrat keluar.
Pohon ini tumbuh di dataran rendah di Afrika dan Australia. Baobab juga disebut pohon yang terbalik karena minim daun, cabang-cabang Baobab seperti mencuat ke udara, seolah-olah telah ditanam terbalik.  Baobab ini diakui oleh orang Afrika karena semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Selain menjadi sumber penting kayu, batang-batang berongga oleh orang-orang sering digunakan untuk tempat berlindung, penyimpanan biji-bijian atau sebagaireservoirair. Baobab dapat tumbuh mencapai ketinggian 5 sampai 30 meter dan memiliki diameter batang 7 sampai 11 meter. Satu Baobab di Provinsi Limpopo, Afrika Selatan, sering dianggap contoh pohon Baobab terbesar yang masih hidup. Pohon itu memiliki keliling 47meter - diameternya diperkirakan sekitar 15,9 meter.   Baobabs juga dapat mencapai usia ribuan tahun.      
Batang cekung pohon ini juga berfungsi sebagai tempat pemakaman bagi orang-orang di Afrika. Beberapa produk yang paling penting berasal dari kulit pohonnya, yang mengandung serat yang digunakan untuk membuat jaring ikan, tali, karung dan pakaian.

Kulit kayunya juga dapat tanah menjadi bubuk untuk aroma makanan. Daun baobabyang secara tradisional digunakan untuk ragi tetapi juga digunakan sebagai sayuran.

Buah-buahan dan bijijuga dimakan bagi manusia dan hewan.isi dari buah,ketika dikeringkan dapat dicampur dengan air, membuat minuman yang rasanyamirip dengan limun. Benihnya, yang rasanya seperti creamtartar dan merupakansumber vitamin C, secara tradisional ditumbuk ke dalam makanan ketika makananlainnya langka. Produk lain seperti sabun, kalung, lem, obat karet, dan kain dapatdihasilkan dari berbagai bagian dari pohon baobab.

2.  Pohon Darah Naga

          
Tanaman ini asli kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. 

Bentuknya yang unik seperti payung, ternyata hanya satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata ‘darah naga’ dari pohon ini berguna untuk pengobatan. Selain itu, ternyata warna merah ‘darah naga’ pohon ini juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

3.Pohon Dinamit


Nah, kalian  pernah dengar gak sebutan pohon neraka atau pohon kotak pasir? itu adalah sebutan lain dari pohon dinamit.

Tinggin pohon ini mencapai 30 meter. Pohon ini hidup ditengah belantara hutan hujan amazon yang lebat. Seluruh permukaan batang pohon dinamit ditumbuhi duri - duri tajam. Getahnya pun beracun, biasa digunakan untuk meracuni mata panah penduduk setempat. Meskipun demikian, batang pohon ini sering digunakan untuk membuat furniture. Kalau buah pohon ini matang, dia akan meledak. Tidak tanggung - tanggung, ledakannya bisa sampai 100 meter dan melukai orang atau binatang yang lewat di dekatnya. Makanya dijuluki pohon dinamit.

4. Pohon Redwood

              
 Pohon ini adalah pohon tertinggi di dunia bahkan ketinggiannya bisa mengalahkan gedung-gedung pencakar langit. Pohon redwood pesisir adalah   pohon tertinggi di dunia yang menjulang hingga setinggi  sekitar 114 meter. Nama resminya adalah Sequoia sempervirens, bahasa Latin yang berarti hidup selamanya, pohon-pohon raksasa ini dan keluarga dekatnya, pohon sequoia raksasa, terdapat di sepanjang belahan bumi utara 60 juta tahun yang lalu. Akan tetapi, saat ini, pohon ini hanya tumbuh di sepanjang garis sempit sepanjang 450 mil yang membentang dari pesisir utara California hingga Oregon.

Redwood bisa mencapai usia rata-rata 500 hingga 800 tahun, namun beberapa pohon individual dikenal telah mencapai usia lebih dari 2.000 tahun. Pada suatu ketika California pernah menjadi tempat tumbuh bagi dua juta acre pohon redwood. Akan tetapi, sejak tahun 1850, industri logging yang agresif telah membabat sebagian besar dari pohon-pohon raksasa tersebut. Saat ini, hanya empat persen, atau 85.000 acre dari pohon-pohon tua ini yang masih berdiri.

Redwood bisa mencapai usia rata-rata 500 hingga 700 tahun, namun beberapa pohon individual dikenal telah mencapai usia lebih dari 2.000 tahun. Pada suatu ketika California pernah menjadi tempat tumbuh bagi dua juta acre pohon redwood. Akan tetapi, sejak tahun 1850, industri logging yang agresif telah membabat sebagian besar dari pohon-pohon raksasa tersebut. Saat ini, hanya empat persen, atau 85.000 acre dari pohon-pohon tua ini yang masih berdiri.

Redwood tumbuh di dalam iklim yang lembab di California bagian Utara di dekat pesisir yang sering mengalami hujan hingga lebih dari 100 inci per tahun. Selama musim panas, kabut dari Pasific menyelimuti hutan pohon redwood, melembabkan hutan dan melindungi pohon-pohon tersebut dari temperatur yang tinggi. Para ilmuwan memperkirakan sebatang pohon redwood yang besar bisa menampung air sebanyak 34.000 pond.


Para peneliti hutan baru-baru ini menemukan banyak jenis tumbuh-tumbuhan dan hewan yang hidup dalam di sekitar mahkota (canopy) pohon redwood yang menciptakan sebuah ekosistem yang unik pada ketinggian 300 kaki di atas permukaan tanah. Selain pakis, dan pohon-pohon seperti fir, cemara dan western hemlock, para peneliti juga menemukan tumbuh-tumbuhan seperti gooseberry dan elderberry. Tumbuh-tumbuhan tersebut mendukung serangga, hama, burung-burung, kadal (salamander) dan mamalia kecil seperti voles (sejenis tikus).
        Seperti yang teman-teman ketahui, pohon memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Hayoo, apa-apa aja fungsi pohon...? Selain sebagai produsen pohon juga menahan laju air dan erosi, gak heran kan belakangan ini sering terjadi banjir bandang, salah satunya disebabkan oleh tidak ada lagi lahan hijau atau pepohonan sebagai tempat resapan air tanah. akibatnya, ketika hujan tiba, tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. Dan masih banyak lagi fungsi pohon. Makanya mulai dari sekarang mari kita jaga pohon-pohon yang ada di sekitar kita.
        









Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar